Posted by : Unknown Selasa, 10 Juni 2014



Bentar lagi saya jadi kating nih *read : Kakak Tingkat ^_^
Bagi analisis data ah.. Postingan ini bisa membantu adik-adik tingkat dalam mengerjakan laporan. Yosh~
Selamat datang MaBa 2014 Pendidikan Biologi UNLAM !!!



                                                                 PRAKTIKUM IV
Topik               :  Annelida
Tujuan             :  Mengamati dan menyebutkan ciri-ciri morfologi dari cacing
Tanah.



ANALISIS DATA
a.       Pheretima sp

Klasifikasi

Kingdom      : Animalia
Phylum         : Annelida
Classis          : Oligochaeta
Order            : Opisthopora
Familia         : Pheretimadae
Genus           : Pheretima
Species         : Pheretima sp
( Hegner dan Engemen, 1968)
Pheretima biasanya dikenal sebagai cacing tanah. Tubuhnya panjang, tidak lebar dan berbentuk silindris. Panjangnya pada umumnya sekitar 15 cm dan warna tubuhnya coklat. Pada bagian ujung anterior berbentuk  meruncing sedangkan pada bagian ujung posterior lebih sedikit tumpul.
Pada tiap tiap ruas-ruasnya dilengkapi dengan setae yang tersusun teratur di dalam suatu cincin pada kantung setal. Mulutnya terletak pada ujung anterior di depan prostomium.
Klitelium terdiri atas beberapa ruas lingkaran yang terdiri dari jaringan kelenjar yang biasanya terletak pada ruas tubuh yang ke 14 sampai ruas tubuh ke 23. Sedangkan pada ruas terakhir tubuhnya terdapat anus yang di sebut ruas anal.
Cacing tanah ini bersifat hermaprodit. Reproduksi pada cacing tanah ini umumnya terjadi secara seksual. Di mana dari lubang genital wanita akan keluar telur dan dua ekor cacing tanah akan saling melekatkan diri dan saling membuahi. Dan kemudian telur akan berkembang di dalam kepompong.
Alat pencernaan cacing tanah terdiri atas : Rongga mulut, Pharynx, Oesophagus, Crop, Gizzard, Intestinum dan Anus. Usus pada cacing tanah  merupkan saluran yang silindri tetapi dinding sebelah dorsal melekuk ke dalam dan di sebut Typhlosole. Sekitar saluran pencernan sebelah dorsal antara pembuluh darah terdapat sel-sel Chloragogen yang membantu proses penghancuran makanan dan membantu alat ekskresi.
Makanan cacing tanah terdiri atas daun-daunan, sisa-sisa tumbuhan atau hewan yang ada di dalam tanah. Materi-materi tersebut dikumpulkan pada waktu malam hari di mana hewan tersebut aktif keluar dari persembunyiannya dan menggaruk-garuk tanah dengan ekornya. Tanah yang mengandung sisa makanan di telan mulut masuk pharynx, di sini terdapat sekresi kelenjar pharynx kemudian terus ke oesophagus, kemudian di simpan dalam crop. Dalam oesophagus makanan mendapat sekresi dari kalenjar calciferous guna menetralisir makanan yang bersifat asam. Gizzard sebagai alat penggiling bekerja menghancurkan bahan-bahan makanan yang bercampur dengan tanah. Pada akhirnya zat-zat makanan akan diserap oleh pembuluh darah dan sisa-sisa zat makanan akan di buang.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Black Pearl - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -