Posted by : Unknown Senin, 09 Juni 2014



Bentar lagi saya jadi kating nih *read : Kakak Tingkat ^_^
Bagi analisis data ah.. Postingan ini bisa membantu adik-adik tingkat dalam mengerjakan laporan. Yosh~
Selamat datang MaBa 2014 Pendidikan Biologi UNLAM !!!


                                                                   PRAKTIKUM VII

Topik               :  Rumus Bunga dan Diagram Bunga
Tujuan             :  Membuat rumus bunga dan diagram bunga.


ANALISIS DATA

1.      Bunga Alamanda (Allamanda cathartica L.)

Dengan rumus bunga ♀ * K5, C(5), A(5), G(1), didapat keterangan bahwa bunga Alamanda adalah jenis bunga banci (hermaphrodit yaitu memiliki dua alat kelamin yaitu jantan / benang sari dan betina / putik dalam satu bunga), memiliki simetri banyak, 5 kelopak yang bebas satu sama lain dan terletak dalam 1 lingkaran, mahkota bunga 5 lembar saling berlekatan satu sama lain dan tersusun dalam 1 lingkaran, benang sari 5 buah dan saling berlekatan, dan sebuah putik. Antara mahkota bunga dan benang sarinya saling berlekatan.
Klasifikasi    :
Divisio          : Magnoliophyta
Classis          : Magnoliopsida
Sub clasis     : Asteridae
Ordo             : Gentianales
Familia         : Apocynaceae
Genus           : Allamanda
Species         : Allamanda cathartica L.
(Cronquist, 1981)

2.      Bunga Kertas (Bougainvillea spectabilis)

Dengan rumus Bunga : ♀ * K (5), C (10), A 8, G 1 didapat keterangan bahwa bunga bogenvil (Bougainvillea spectabilis Willd.) adalah bunga banci (hermaphrodit yaitu memiliki benang sari dan putik pada satu bunga) yang mempunyai simetri banyak (aktinomorf). Dikatakan mempunyai simetri banyak karena bunga ini dapat dilipat lebih dari 1 kali yang mana lipatan tersebut setangkup. Bunga ini mempunyai 5 buah kelopak (kalyx) dan 5 buah mahkota (corolla), yang mana antara kelopak dan mahkota sama-sama berlekatan atau saling menyatu. Benang sari (androecium)  jumlahnya 5 buah serta sebuah putik (gynaecium).
Klasifikasi    :
Divisio          : Magnoliophyta
Classis          : Magnoliopsida
Sub classis    : Caryophyllidae
Ordo             : Caryophyllales
Familia         : Nyctaginaceae
Genus           : Bougainvillea
Species         : Bougainvillea spectabilis Willd.
(Cronquist, 1981)

3.      Bunga Anggrek kalajengking (Arachis flos-aeris)

Dengan rumus bunga ♀ ↑ P5, A(1 + 2), G2 didapat keterangan bahwa bunga Anggrek kalajengking adalah jenis bunga banci (hermaphrodit) dengan satu simetri, memiliki tenda bunga sebanyak 5 buah, 3 buah benang sari yang saling berlekatan atau menyatu satu sama lain yang tersusun dalam dua buah lingkaran, lingkaran pertama ada 1 buah benang sari sedangkan pada lingkaran kedua ada 2 buah benang sari serta memiliki 2 buah putik.
Klasifikasi    :
Divisio          : Magnoliophyta
Classis          : Liliopsida
Sub clasis     : Liliidae
Ordo             : Orchidales
Familia         : Orchidaceae
Genus           : Arachis
Species         : Arachis flos aeris
(Cronquist, 1981)

4.      Bunga Sepatu (Hibiscus rosa-sinensis L.)

Dengan rumus Bunga ♀ K5 + (7), C5, A∞, G5 didapat keterangan bahwa bunga sepatu (Hibiscus rosa-sinensis) adalah bunga yang terletak pada ketiak daun (flos lateralis), bunga banci (hermaphrodit) dan tanpa simetri. Bunga ini mempunyai kelopak (kalyx) yang tersusun atas dua lingkaran, lingkaran kelopak yang pertama berjumlah 7 buah kelopak dan saling lepas (kelopak asli) dan lingkaran kelopak yang kedua mempunyai 5 buah kelopak yang saling bersatu (berlekatan) disebut juga kelopak tambahan. Jumlah mahkota (carolla) pada bunga ini adalah 5 buah, warna mahkotanya adalah merah tua. Benang sari (androecium) pada bunga ini jumlahnya tak terhingga (∞). Putik (gynaecium) berjumlah 5 buah cabang. Bakal buah bunga berada dibawah mahkota bunga sehingga dikatakan tenggelam.
Klasifikasi    :
Divisio          : Magnoliophyta
Classis          : Magnoliopsida
Sub classis    : Dilleniidae
Ordo             : Malvales
Familia         : Malvaceae
Genus           : Hibiscus
Species         : Hibiscus rosa-sinensis L.
(Cronquist, 1981)

5.      Bunga Tasbih (Canna sp)

Dengan rumus bunga ♀ K 3, C 3, A 5, G (3) didapat keterangan bahwa bunga tasbih (Canna sp.) adalah bunga banci (dalam satu bunga terdapat alat kelamin jantan dan alat kelamin betina) yang tidak mempunyai simetri. Bunga ini mempunyai jumlah kelopak (kalyx) sebanyak 3 buah. Mahkota (carolla)  ada sebanyak 3 lembar dan terusun dalam 1 lingkaran. Benang sari (androecium)  ada sebanyak 5 buah, bentuknya seperti lembaran mahkota yang memiliki bercak-bercak serta 3 buah putik (gynaecium) yang saling menyatu. Bakal buah bunga ini berada di bawah dasar mahkota bunga sehingga dikatakan tenggelam.
Klasifikasi    :
Divisio          : Magnoliophyta
Classis          : Magnoliopsida
Sub clasis     : Hamamelidae
Ordo             : Urticales
Familia         : Cannabaceae
Genus           : Canna
Species         : Canna sp
(Cronquist, 1981)

6.      Teratai (Nymphaea lotus L.)

Dengan rumus bunga ♀ * P4 + 4 + 8 + 4 + 4 , A∞, G(22) didapat keterangan bahwa bunga teratai (Nymphaea lotus) adalah bunga banci dengan banyak simetri. Pada bunga ini antara kelopak  dan mahkotanya tidak dapat dibedakan dengan jelas sehingga bagian yang umumnya disebut mahkota dinamakan tenda bunga (perigonium) yang berjumlah 24 buah dalam 5 lingkaran berbeda, susunan berlapis dan berseling empat-empat pada lingkaran 1 dan 2, sedangkan pada lapisan ke 3 terdapat tenda bunga sebanyak 8 buah dan pada lapisan ke 4 dan 5 terdapat 4 buah tenda bunga, susunan tenda bunga ini saling lepas satu sama lain. Benang sari (androecium)  jumlahnya tak terbatas (∞) tersusun rapi dalam lingkaran-lingkaran serta berlekatan satu sama lain (bebas), dan putik (gynaecium) berjumlah 22 buah.
Klasifikasi    :
Divisio          : Magnoliophyta
Calssis          : Magnoliopsida
Subclassis     : Magnoliidae
Ordo             : Nhymmpales.
Familia         : Nhympaeaceae
Genus           : Nhymphaea
Species         : Nymphaea lotus L.
(Cronquist, 1981)


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Black Pearl - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -