Posted by : Unknown Selasa, 27 Mei 2014



Halo everybody! Kali ini saya mau nge’post tentang Morfologi Tumbuhan^
Saya punya 3 spesies tanaman dari ordo APIALES. Ordo APIALES itu temennya WARTEL lho sodara-sodara ^_^
Tanpa basa-basi, mari kita check this out hahahaaa…


Yang pertama ada Seledri (Apium graveolens L.)


 
Berikut adalah klasifikasi dan analisis datanya ^_<
Klasifikasi :
Kingdom         : Plantae
Divisi               : Magnoliophyta
Kelas               : Magnoliopsida
Sub Kelas        : Rosidae
Ordo                : Apiales
Famili              : Apiaceae
Genus              : Apium
Spesies            : Apium graveolens L.
(Sumber : Cronquist, 1981.)
Seledri (Apium graveolens L.) merupakan tumbuhan yang  pohonnya kecil, tingginya kurang dari 1 meter. Daun seledri tersusun majemuk dengan tangkai yang panjang. Batangnya biasanya sangat pendek, bersegi dan beralur membujur. Bunganya tersusun majemuk berkarang, berukuran kecil, dan berwarna putih kehijauan. Buahnya berbentuk kecil-kecil berwarna coklat gelap. Seledri dapat tumbuh baik di dataran rendah maupun tinggi dan berkembang dengan baik di tempat yang lembab dan subur serta berhawa sejuk. Tumbuhan seledri dikategorikan sebagai sayuran. Seledri tumbuh dengan tangkai dan daun yang tebal.
Berdasarkan penelitian, tanaman keluarga Apiaceae ini mengandung natrium yang berfungsi sebagai pelarut untuk melepaskan deposit kalsium yang menyangkut di ginjal dan sendi. Seledri juga mengandung magnesium yang berfungsi menghilangkan stres. Daun seledri mengandung protein, belerang, kalsium, besi, fosfor, vitamin A, B1 dan C. Berdasarkan hasil penelitian, seledri juga mengandung psoralen, yaitu zat kimia yang menghancurkan radikal bebas biang penyebab kanker.









Spesies kedua ada tanaman yang terkenal berasal dari Korea, apalagi kalau bukan Ginseng (Panax ginseng L.)




Ginseng (Panax L.)
Klasifikasi :
Kingdom       : Plantae
Divisi             : Magnoliophyta
Kelas             : Magnoliopsida
Sub Kelas      : Rosidae
Ordo              : Apiales
Famili            : Araliaceae
Genus            : Panax
Spesies          : Panax ginseng L.
(Sumber : Cronquist, 1981.)
Panax ginseng L.  merupakan tanaman perdu yang memiliki tinggi antara 0,1-0,5 meter. Ginseng dapat tumbuh di daerah yang basah dan terlindung oleh pegunungan di Cina, Korea dan Russia. Tanaman ginseng ini dapat hidup lebih dari 100 tahun. Akarnya memggembung berbentuk seperti boneka yang berisi cadangan makanan dan bahan-bahan aktif lainya. Akar panjang, kurus dan kadang-kadang bentuknya menyerupai tubuh manusia. Rasa dari akar ginseng adalah manis dan lama-kelamaan akan menjadi pahit.
Batang ginseng berbentuk bulat dan berwarna hijau ungu. Daunnya tunggal, berbentuk oval, dan bergerigi serta tulang daunnya menyirip. Daun ginseng berwarna hijau gelap, tiap tangkai daun terdiri atas 5 daun muda dengan 3 ujung daunnya lebih lebar atau lebih besar dari 2 daun yang lain. Ginseng memiliki buah yang berwarna merah bentuknya kecil seperti buah murbey. Zat-zat aktif dari ginseng dapat membantu proses penyembuhan dengan cara merangsang pembentukan antibodi tertentu. Zat-zat ini turut melancarkan pembentukan hormon dan sperma dengan cara melebarkan saluran pembuluh darah pada alat reproduksi pria. Ginseng tidak akan menimbulkan masalah jika dikonsumsi secara benar.



Dan spesies yang terakhir nih, yaitu : Peterseli (Petroselinum crispum)



Spesies ini sering disangka seledri, padahal bukan. Hhihihi..
Berikut adalah klasifikasi dan analisis datanya :
Klasifikasi    :
Kingdom      : Plantae
Division        : Magnoliophyta
Class             : Magnoliopsida
Subclass        : Rosidae
Order            : Apiales
Family          : Apiaceae
Genus           : Petroselinum
Species         : Petroselinum crispum
(Sumber : Cronquist, 1981.)
Peterseli (Petroselinum crispum) mempunyai daun yang berwarna hijau cerah, daunnya hampir semuanya basal, bergagang panjang yang panjangnya 5 sampai 18 cm, mempunyai sebuah lobus belakang dengan pegangan, di akhir lobus belakang terdapat celah sempit yang lebarnya 1,5 sampai 4 mm dan kurang dari 1 mm. Batangnya berbentuk bundar dan halus.
Peterseli mempunyai bunga kecil yang mana pediselnya tidak sama panjang. Akarnya tidak bercabang, tetapi ada beberapa yang bercabang. Buahnya berbentuk bulat telur sempit. Tanaman peterseli berbentuk roset (susunan daun yang melingkar dan rapat berimpitan) dari 3 pinnate daun yang mempunyai panjang10-25 cm dengan berbagai selebaran daun yang berukuran 1-3cm. Akar tunggang pada tumbuhan peterseli dapat digunakan sebagai cadangan makanan di musim dingin.
Peterseli bermanfaat untuk membantu kinerja ginjal dan saluran kemih, membantu mengendalikan tekanan darah,  sebagai agen anti inflamasi, dan menghambat pertumbuhan tumor ganas.



Ya, pembahasan kali ini cukup segini dulu ya~
Kapan-kapan ketemu lagi dipembahasan selanjutnya!
Jangan lupa tinggalkan jejak ya teman ^_<







Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Black Pearl - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -